logo

DewiTech

Developer Web Indonesia

Tips Marketing di Etsy Marketplace

Tips Marketing di Etsy Marketplace

Sedikit berbagi cerita dan tips marketing di Etsy. Metode ini saya praktekan tahun 2014 – 2015, tetapi saya jamin metodenya masih berlaku sampe sekarang.

Jaman sekarang mungkin udah ga asing lagi yg namanya endorse atau brand ambasador. Jgn pernah takut ga ada biaya, toh, kita punya brand dan produk. Dan jgn salah, persepsi orang luar ga matre loh, mereka ga menuntut biaya untuk endorse, mereka udah seneng dapet produk dari kita jg (untuk beberapa org yg serius), dan ga usah cari yg followernya tinggi.

Jadi gini, dulu saya hunting akun instagram model anak2, krn produk saya sepatu anak, krn kurang pede, sy cari yg followernya 3-5K waktu itu, dapet lah kenalan org US, anak cowok US, saya tanya, “mau ga saya kirim sepatu anak, sy minta fotonya di tag terus aja, terus klo update pake sepatu itu, saya minta tag/mention” dan Alhamdulilah, respondnya sangat positif, dia seneng dan siap menerima, tanpa fee endorse, dan sy jg seneng krn tidak terlalu dibebani fee endorse yg pada saat itu fee endorse artis FTV itu 1jt buat 1x posting dan di keep selama 7hari.

Setelah dapet model pertama, sy coba lebih nekat dan lebih pede, saya coba kontak yg populer banget, diotak sy waktu itu, ya paling klo budget feenya ga cocok ya tidak lanjut. Dan alhamdulilahnya, respondnya cukup mengejutkan, mereka dgn follower 20-30k tidak ada fee untuk endorse, mereka bilang “ini cuma jadi hobby”. Dari 2 endorse itu sales saya melejit, network di luar cukup bagus, dan untuk sales lokal dpt branding point, krn imagenya “wuih dipake orang luar”.

BTW, perhitungan jumlah follower orang luar dengan lokal berbeda ya, contoh, orang2 luar yg punya follower 10k diluar bisa jadi setara dgn 100k lokal, dan follower tidak menentukan bagus ato tidaknya, tetapi cari engagementnya yg bagus.

Intinya, jangan pernah ragu untuk ngontak dan hunting brand ambasador, dan fokus ke akun IG yg tidak menarik tarif untuk endorse, karena biasanya mereka mindsetnya lebih serius untuk kearah personal branding, dan akun2 yg seperti itu yang biasanya lebih bisa diajak kerjasama untuk jangka panjang, dan saat ini, kedua brand ambasador saya waktu itu sekarang mereka sudah menjadi brand ambasador brand2 terkenal seperti Guess.

Semoga bisa bermanfaat ceritanya guys…
jangan lupa follow akun sosial media pribadi saya
https://www.instagram.com/ryanhidajat
https://www.facebook.com/ryanhidajat

Tagged with: / /

Leave a Comment

Please keep in mind that comments are moderated and rel="nofollow" is in use. So, please do not use a spammy keyword or a domain as your name, or it will be deleted. Let us have a personal and meaningful conversation instead.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.